Perangkat lunak pengolah angka merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data dan angka. Perangkat lunak pengolah angka yang pernah ada di pasaran di antaranya Symphony, Lotus 123, Microstat, SPSS, dan Microsoft Excel. Namun, beberapa program tersebut sudah hilang dari pasaran seperti Symphony, Lotus 123 dan Microstat, sedengkan yang paling umum digunakan oleh masyarakat hingga saat ini adalah Microsoft Excel. Oleh karena itu, dalam bab ini akan dibahas tentang Microsoft Excel sebagai contoh perangkat lunak program aplikasi pengolah angka.
Perangkat lunak program aplikasi pengolah angka merupakan bagian dari perangkat lunak sistem operasi Windows. Perlu anda pahami bahwa perangkat lunak sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mengatur seluruh kinerja dari perangkat-perangkat yang terdapat dalam komputer. Pengaturan tersebut meliputi kendali kerja komputer, aliran perintah memori, aliran data, pengaturan proses penyimpanan, dan pengaturan file. Penagturan tersebut diperlukan agar komputer dalam kerjanya tidak mengalami konflik yang dapat menyebabkan kerusakan (error). Oleh karena itu, perangkat lunak sistem operasi merupakan media penghubung antara pengguna dengan komputer.
Micrsoft Excel sering digunakan dalam perkantoran, perusahaan, dan sekolah untuk membantu penghitungan rugi laba, pengolahan data statistik, pembuatan database, pembuatan grafik, penggunaan rumus, dan lain sebagainya. Operasi aritmatika yang sering dilakukan dengan program ini antara lain perkalian, penjumlahan, pembagian, pengurangan, operasi statistik, logika, dan lain-lain.
Sebelum membuka Microsoft Excel, kita harus terlebih dahulu masuk ke sistem operasi Windows. Pada pembahasan materi bab ini, sistem operasi yang digunakan adalah Windows XP dan program aplikasi pengolah angka yang digunakan adalah Microsoft Excel 2003.

Menjalankan Microsoft Excel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan program aplikasi Microsoft Excel, antara lain sebagai berikut.
1. Melalui Menu Start:
Klik satu kali tombol Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Excel
membuka ms excel 2003
1. Melalui Shortcut:
Klik dua kali icon Microsoft Excel.
membuka ms excel 2003 2

Mengenal Tampilan Jendela Microsoft Excel

tampilan excel 2003
Catatan :
· Formula Bar adalah tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell / cell addressnya. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
Name Box adalah tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer. Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh : cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5
TITLE BAR title bar
MENU BAR menu bar
TOOLBAR STANDAR toolbar standar
TOOLBAR FORMATTING toolbar formatting

Jenis Data pada Cell

1. Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
  • Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
  • Numeric : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
  • Date : data tanggal
  • Time : data waktu
2. Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
BENTUK KURSOR bentuk kursor

Menyalin isi cell

Untuk menyalin isi suatu cell ke cell-cell yang terletak pada bagian bawahnya dapat dilakukan
dengan prosedur berikut ini :
Pilih blok yang akan disalin lalu letakkan kursor . pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya
menyalin isi sel

Pemakaian Fungsi pada MS Excel

Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan dilakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
Misal :
Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1.
Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1.
Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1.
Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2.

Fungsi Bantu Statistik

1. Max (Range) : mencari nilai terbesar dari suatu range.
2. Min (Range) : mencari nilai terkecil dari suatu range.
3. Sum (Range) : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range.
4. Average (Range) : mencari nilai rata-rata dari suatu range.
5. Count (Range) : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range.